Membangun Situs Iklan Baris Dengan WordPress

Setelah sedikit preview tentang tren situs iklan baris di ranah internet lokal, sekarang mari kita coba untuk membuat sendiri situs jenis tersebut. Gratis kok, cukup berbekal hosting sendiri, kemudian sedikit belajar WordPress, dan plugin TDO Mini Forms. Oke, hostingnya mungkin gak gratis, tapi paling gak cara ini jauh lebih murah (dan mudah) dibanding dengan membeli script / plugin iklan baris atau classified ads yang sudah jadi. Siap?Langkah-langkah membuat situs iklan baris:

  1. Install WordPress dan plugin TDO Mini Forms. WordPress versi terbaru (v2.5) sudah didukung oleh plugin tersebut, sehingga tidak perlu bingung menyesuaikan versinya. Aktifkan plugin jika sudah terinstall, bagi yang belum bisa instal, silakan belajar wordpress dulu di blog ini :-) .
  2. Jantung dari situs iklan baris yang akan kita buat ada di plugin TDO Mini Forms (TDOMF). Pengaturan plugin ini sendiri gampang-gampang susah. Apabila baru pertama kali, mungkin agak bingung. Jadi, coba pahami pelan-pelan. Kalau perlu cari tempat yang tenang dan tentram. Di tengah hutan misalnya, hehehe.Klik pada tab TDOMF – Options di Dashboard. Yang pertama harus kita siapkan adalah dummy author, yaitu sebuah user di blog yang Anda buat yang digunakan untuk ‘menampung’ iklan-iklan yang dimasukkan oleh pengunjung. Kita tidak perlu repot-repot membuat karena TDOMF dapat melakukannya untuk kita. Cukup tekan saja link Create Dummy Author…. yang ada di bagian atas form General Options for TDOMF.

    Ubah setting lain pada bagian ini jika diinginkan. Tapi secara umum, default konfigurasi yang disiapkan oleh TDOMF sudah tidak perlu dirubah lagi. Jika sudah, tekan tombol Save untuk menyimpan setting.

  3. Klik pada Form 1. Pada TDOMF, ‘form’ adalah suatu interface dimana pengunjung dapat memasukkan atau memposting artikel. Suatu blog dapat memilih lebih dari satu form dimana masing-masing form dapat memiliki aturan maupun tampilan yang berbeda. Pada situs IklanMobil.Org yang saya buat misalnya, terdapat dua buah form TDOMF. Satu untuk memasukkan iklan gratis, sedangkan satu lagi untuk memasukkan iklan premium.Beberapa hal yang perlu diubah pada bagian ini adalah Form Name dan Default Category. Anda dapat pula mematikan moderasi (hilangkan centang pada Enable Moderation) apabila malas memoderasi iklan-iklan yang masuk. Tekan tombol Save untuk menyimpan setting.

    Masih pada form yang sama, tekan link Create a page with this form automatically untuk otomatis membuat halaman (Page) blog yang menampilkan form tersebut. Nama halaman (page slug) akan disesuaikan dengan nama form (form name) yang telah Anda buat.

    Apabila halaman sudah tercipta, sekarang saatnya untuk mengutak-atik tampilan dan elemen form kita. Klik pada Widgets for Form 1 untuk memulai.

    Pada halaman Form Arrangement, Anda dapat mengatur tampilan form dengan cara drag-and-drop, sama dengan pengaturan widget pada theme WordPress. Di sini, Anda dapat menentukan elemen-elemen apa saja yang ada dalam form, termasuk captcha dan file upload jika diinginkan. Tekan tombol Save Changes jika sudah.

    Untuk melihat hasilnya, buka halaman WordPress yang telah diciptakan pada langkah sebelumnya.

  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tautan ke halaman form TDOMF yang telah dibuat ke dalam theme kita. Atau jika diinginkan, Anda dapat pula menyisipkan form tersebut ke dalam sidebar dengan menggunakan widget. Caranya, tambahkan saja widget TDOMF Form 1 pada PresentationWidgets.Secara pribadi, saya lebih suka dengan cara pertama karena hasilnya lebih rapi (menurut saya loh).

Maaf, tidak ada screenshotnya. Tampilan TDOMF yang sudah terkonfigurasi milik saya berbeda dengan tampilan TDOMF awal, sehingga kalau pun dibuat screenshot, malah menjadi rancu dengan tutorial di atas.

Selamat mencoba dan tetap semangat ya belajar wordpress :)

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 4 April 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.